Dukcapil di Mesjid Raya Batu Basa

Posted by Admin 26 Januari 2024 Berita 461 views

Batu Basa - (26/1) Dalam rangka Suksesi Pemilu 14 Februari 2024, Dukcapil Padang Pariaman melaksanakan Program Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Mesjid Raya yang disingkat dengan Inovasi Peluk mesra. selain target utama adalah perekaman KTP Para Pemilih Pemula, layanan ini juga fasilitasi Ganti KTP Rusak/Hilang/Ganti data, penerbitan KIA (Kartu Identitas Anak) serta penarikan data dari luar daerah bagi penduduk yang sudah bersdomisili di Nagari yang tidak mampu mengurus Surat Pindah dari Daerah Asal. Sosialisasi dan Aktivasi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) juga merupakan bagian dari pelayanan Dukcapil di Nagari.

Banyak masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, Dukcapil yang hadir semenjak Pukul 10.00 WIB sudah dipadati oleh masyarakat yang menunggu layanan. Layanan selesai sampai pukul 18.00 WIB hingga seluruh masyarakat yang hadir terlayani.

Petugas Dukcapil yang didamping oleh Perangkat Nagari Yulia Putri Kasi Pelayanan, mencatat Jumlah Pemohon mencapai kurang lebih 290 orang dengan rincian yang melakukan pelayanan perekaman KTP 79 Orang, Pengajuan KIA 72 Orang, Aktivasi IKD 35 Orang serta Layanan Pengaduan Penarikan Data dari Luar Daerah 3 Orang.

Bagi masyarakat yang mengajukan Ganti Data, KTPnya bisa terbit hari itu juga, namun Bagi yang Baru Perekaman KTP karena membutuhkan acc dari Pusat, mengalami keterlambatan dalam penerbitannya. Walau demikian KTP dan KIA yang diajukan akan segera dikirim ke Kantor Wali Nagari Paling Lambat 10 Hari kerja. Jadi bagi yang sudah mengajukan, jangan lupa cek KTPnya di Kantor Wali Nagari ya.